TTC Generator

Oracle Mysql – Table To Class Generator

How to generate database table into code of entity class, crud method, web service method, html form, servlet controller, zk zul form, zk controller and php controller. Bagaimana cara generate tabel database menjadi kode program entity class, crud method, web service method, html form, servlet controller, zk zul form, zk controller dan php controller.

Itu adalah pertanyaan banyak programmer yang ingin menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Terlalu kurang bersemangat ketika harus mengetik baris-baris code yang secara logic itu sama dan berulang-ulang. Seandainya ada tools yang bisa digunakan untuk generate code dari library-library yang biada digunakan, sepertinya akan sangat membantu sekali.

Tanpa perlu banyak koding, aplikasi sudah jadi, tinggal mengubah seperlunya saja untuk logic yang spesifik kebutuhan aplikasi yang sedang dibuat.

About Code Generator
Sebelum membaca lanjut tulisan ini, mari samakan persepsi dulu, bahwa penggunaan tool ini adalah dalam tahap development. Yaitu menerjemahkan sistem ke dalam baris-baris kode, dimana tahapan ini adalah rangkaian dari proses SDLC sebelumnya.

Bagaimana Dengan Logic, Validation, Role atau Non CRUD Code ?
Secanggih apapun code generator, sampai hari ini saya belum menemukan yang mampu membuatnya yang mampu menerjemahkan kebutuhan sebuah sistem. Jadi nantinya untuk code yang bersifat seperti logic, validation, role dan non crud lainnya, harus dibuat sendiri.

Manfaat:
Tujuannya adalah kita bisa membuat sebuah sistem aplikasi atau program dengan cepat tanpa koding dari awal, hanya tinggal modif dikit-dikit sesuai kebutuhan. Yaitu meng-generate kode atau source code dari tabel database atau dari query, sudah jadi form htmlnya, sudah jadi controllernya baik menggunakan java ataupun php.  Dan tentunya membuat program akan semakin cepat dan mudah serta source code yang dihasilkan akan menjadi standar.

Mungkin sudah pernah menggunakan framework seperti YII atau Cake PHP untuk bahasa pemrograman PHP ?
Nhaaa seperti itu lah, dari database sudah bisa digenerate form-formnya beserta method-method yang dibutuhkan seperti model dan controllerya.

Nah berikut ini adalah aku buat sebuah program kecil berbasis Java Desktop menggunakan Swing. Fungsinya adalah mengkonversi tabel database menjadi class entity, crud method, web service method, html form, servlet controller, zk zul form, zk controller dan php controller. Aku namakan OTTCGenerator (Oracle – Table To Class Generator). Sesuai dengan database yang sehari-hari aku gunakan yaitu Oracle dan MySql, semuanya produk Oracle. 😀

Koq Bikin Sendiri ? Repot amat !
Mengapa nggak menggunakan framework yang sudah ada saja, tinggal makai saja, nggak perlu bikin sendiri yang belum tentu teruji hasilnya ? Jawabannya adalah aku punya kebutuhan yang tidak aku temukan pada framework yang ada yang sejenis. Yaitu hasil code yang digenerate kompatibel dengan sistem yang selama ini aku develop.

Disclaimer
Ini adalah tool bukan untuk keperluan yang general bisa dipakai banyak framework, jadi jangan mengharapkan versi 1.0 ini bisa digunakan langsung untuk project Anda. Berikut ini detailnya:

PRE-REQUEST:

  • Library
    – JDK 1.6 or later
    – swing-application-library.jar
    – ojdbc6.jar
    – mysql-connector-java-5.1.25-bin.jar
  • Runtime Library (Java Application)
    – HTMLFormer-0.0.5.jar
    – TimeUtil-0.0.8.jar
  • Runtime Library (PHP Application)
    – ahsanfile-database-wrapper
  • GUI Library
    – Mootools Javascript Framework 1.3.2 or later
    – Mochaui Layour Framework (HTML)
    – or ZK 5

CODE GENERATED:

  • Hanya support database Oracle dan Mysql saja
  • CRUD code yang dihasilkan adalah native query, tidak menggunakan ORM framework seperti JPA atau Hibernate.
  • Java code yaitu Servlet / ZK 5 Controller adalah native controller tanpa framework apapun seperti Spring atau EJB
  • HTML code menggunakan AJAX dengan framework javascriptnya adalah Mootools v 1.3.2 atau yang lebih baru.
  • PHP 5 Controller juga native code, tidak menggunakan framework apapun.

Demikian agar tidak terjadi salah persepsi mengenai tool ini.

Okelah mari baca satu persatu tentang OTTCGenerator ini, sebagai catatan ketika menggunakan tools ini. Berguna juga bagi temen-temen yang nantinya makai tools ini, berikut tulisan yang berisi mulai dari fitur-fitur sampai cara penggunaanya.

ahsanfile-table-or-query-to-class-generator

  1. Latar Belakang
    Berawal dari sebuah tugas membuat sistem yang kompleks dan rumit, tetapi hanya dikasih waktu satu bulan saja untuk pengerjaanya. Secara SDLC sangat tidak masuk akal, tetapi program harus jadi.Tabel yang didesain dari hasil analisa kebutuhan jumlahnya termasuk buanyak banget, untuk membuat kode crudnya saja butuh waktu walaupun sudah pakai ORM (object rational mapping) tetap saja harus merangkainya dengan view dan controllernya.Sehingga aku buat sebuah tools dalam beberapa hari yang aku hitung-hitung lebih cepat hasilnya. Yaitu waktu yang aku butuhkan untuk merangkai code ke view dan controller lebih lama dibanding dengan aku membuat code generator yang nantinya tinggal generate mulai dari class entity, class dto, form view sampai controllernya. Tinggal modif dikit-dikit saja.He he he …
  2. Tentang OTTCGenerator
  3. Fitur-fitur
  4. Cara Menggunakan
    1. Memilih Framework : Bahasa Pemrograman yang akan dihasilkan codenya
    2. Setting koneksi ke database
    3. Generate dari Tabel
    4. Generate dari Query
    5. Contoh implementasi untuk aplikasi yang menggunakan Native Java Web (html, css, javascript dan servlet 3)
    6. Contoh implemtasi untuk aplikasi Java berbasis ZK Framework 5
    7. Contoh implementasi untuk aplikasi berbasis PHP 5

Demikian, saya ucapkan terimakasih tetep setia sama blog ini, dan semoga tolls ini ada manfaatnya.

Advertisements

2 comments on “TTC Generator

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s