Data Interchange

Project lain yang kini sedang aku oprek adalah membuat sebuah solusi bagaimana caranya secara aman, para customer yang berada tersebar di seluruh wilayah indonesia bisa mengirimkan data ke kantor pusat di jakarta secara cepat, aman dan ada jaminan keutuhan data dan jelas darimana data tersebut dikirim. Sistem itu intinya adalah untuk memfasilitasi proses pengiriman data atau juga penerimaan data. Dalam istilah gaulnya adalah Pertukaran Data Elektronik atau yang kita kenal dengan Electronic Data Interchange.

Project ini cukup berat dan membutuhkan riset yang cukup menguras tenaga dan waktu dan juga biaya. Mengingat permasalahan yang harus diselesaikan sangat kompleks. Dari mulai kondisi tiap daerah yang berbeda ketersediaan jaringan komunikasi dan internetnya, kondisi customer yang berbeda-beda, ada yang kaya, ada yang miskin, ada yang perusahaan, ada yang perorangan, ada yang canggih sistem ITnya, ada yang sama sekali nggak ngerti teknologi.

Dan tulisan ini berisi mulai dari kajian, proposal solusi sampai tulisan tentang implementasi solusi yang dibuat. Dalam sesi kajian meliputi kajianpermasalahan, kajian solusi, kajian implementasi dan kajian operasional ketika sistem sudah berjalan. Dalam sesi proposal solusi akan diulas bagaimana membuat sistem yang cepat, aman, menjamin keutuhan data serta mendapatkan kejelasan identitas pemilik data.

Tunggu tulisan lanjutannya karena artikel ini dibuat berdasarkan proses yang terjadi. Dan semoga tulisan ini ada bermanfaat untuk kita semua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s