Gallery

Framework apa yang terbaik untuk bahasa pemrograman PHP ? apakah Yii, CI, Zend atau Native saja ?

Pembuatan aplikasi sekarang ini menuntut adanya kecepatan dalam prosesnya, selain membutuhkan programmer dengan skill yang baik, juga membutuhkan standar bahasa pemrograman yang dipakai. Dalam tulisan ini saya coba sharing tentang pengalaman penggunaan standar pemrograman atau framework ketika mengembangkan aplikasi berbasis PHP – MySql. Semoga tulisan bisa menjadi referensi bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan Framework apa yang terbaik untuk bahasa pemrograman PHP ? apakah Yii, CI, Zend atau Native saja ?

php-framework

Pilihan menggunakan framework adalah untuk kecepatan, keseragaman dan keberlangsungan atas sistem aplikasi yang dibuat. Ini adalah pengalamanku sendiri, tidak bermaksud untuk melebihkan atau mengurangi kelebihan dan kekurangan sebuah framework.

Seperti apa cara kerja framework dalam bahasa pemrograman ?

Pada dasarnya sama yaitu menyediakan library yang cukup sehingga pengembangan aplikasi tidak sampai menyentuh hal-hal dasar, tetapi bisa fokus pada bisnis proses aplikasi. Dasar-dasar sistem aplikasi seperti urusan database, security bahkan sampai interface disediakan dan diotomasikan oleh framework. Proses development tinggal merangkai saja sesuai bisnis proses sesuai dengan aturan framework tersebut.

Apa saja framework yang ada pada bahasa pemorgraman PHP ?

Ada banyak framework di PHP yang bisa kita pilih untuk mengembangkan sebuah aplikasi. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Berikut beberapa framework yang terkenal untuk pengembangna sistem aplikasi menggunakan PHP yaitu:

  1. Zend Framework;
    Merupakan framework yang dibuat sendiri oleh perusahaan yang mengembangkan PHP
  2. Yii Framework;
  3. CodeIgneter (CI) Framework;

Selain framework di atas, pilihan lain adalah tidak menggunakan framework atau Native PHP saja. Yaitu ketika membuat aplikasi hanya menggunakan fitur-fitur atau function bawaan yang sudah disediakan oleh php yang pada dasarnya sudah mencukupi kebutuhan pengembangan sebuah sistem. Penggunaan php secara native ini bahkan disarankan oleh pencipta PHP dengan alasan kesederhanaan dan kecepatan proses.

Framework apa yang terbaik untuk bahasa pemrograman PHP ?

Menurut pengalaman saya, pilihan akan memakai framework atau tidak sebenarnya kembali pada keadaan kemudian kebutuhan.

Advertisements

2 comments on “Framework apa yang terbaik untuk bahasa pemrograman PHP ? apakah Yii, CI, Zend atau Native saja ?

  1. Pingback: PHP ZTH, Tutorial and Application Example with PHP-MySql, jQuery and Bootstrap | Ahsanfile Projects

  2. Pingback: Framework apa yang terbaik untuk bahasa pemrograman PHP ? apakah Yii, CI, Zend atau Native saja ? | Kompublog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s