Artikel tentang SSO – Single Sign On, Manfaatnya untuk proses bisnis !

Sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan yang besar, saat ini adalah eranya menggunakan Teknologi Informasi untuk melakukan proses bisnis sehari-hari. Implementasinya adalah penggunakan sistem aplikasi oleh para karyawan atau pegawainya untuk membantu menyelesaikan tugas sehari-hari sesuai dengan jenis divisi atau jabatannya. Penggunaan Teknologi Informasi sekarang sudah menjadi hal yang mutlak untuk dipakai, karena jika tidak maka akan tertinggal jauh.

Sejauh ini penggunaan sistem aplikasi memiliki permasalahan tersendiri ketika diimplementasikan. Dari mulai masalah biaya pengadaan yang kadang mahal, masalah pemeliharaan, masalah kemananan sampai masalah ketika digunakan. Dan artikel ini akan sedikit membahas mengenai sebagian masalah ketika sebuah sistem digunakan yaitu pada persoalan manajemen akses user terhadap applikasi. Untuk masalah yang lain tidak akan dibahas di sini.

Salah satu permasalahan yang bisa timbul ketika sistem digunakan adalah pada manajemen akses oleh para user yang jika tidak diatur dengan baik, akan menimbulkan masalah besar. Masalah-masalah yang bisa terjadi pada manajemen akses user misalnya kesemrawutan pemegang wewenang akses aplikasi, user terlalu banyak harus menghafal username dan password untuk setiap aplikasi, kebocoran informasi user kepada pihak yang tidak bertanggung jawab, kehilangan akses aplikasi dan lainnya.

Masing-masing permasalahan pada manajemen akses bisa menimbulkan masalah yang lebih luas yang bisa mengganggu jalanan proses bisnis perusahaan atau instansi. Sehingga diperlukan sebuah solusi yang tepat untuk mencegah permasalahan terjadi. Dan artikel ini akan memaparkan tentang mekanisme akses sistem menggunakan model Single Sign On atau yang kita kenal dengan istilah SSO. Dimana nantinya dengan implmentasi SSO pada manajemen akses akan dapat memberikan manfaat yang sangat besar baik bagi user, bagi admin dan bagi jalannya proses bisnis.

Sebagai informasi yang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya, maka artikel ini akan membahas tentang implementasi SSO di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Bea Cukai) РKementerian Keuangan yang saya sendiri yang membuat sistem SSO tersebut sebagai  contoh kasus dari isi artikel ini. Dimana saat ini Bea Cukaitelah menggunakan model Single Sign On dalam manajemen akses sistem aplikasi oleh para user. Baik user Pegawai maupun user Pengguna Jasanya.

Berikut ini poin-poin yang akan dibahas dalam artikel ini:

  1. Apakah itu Single Sign On (SSO) ?
  2. Latar belakang implementasi SSO.
  3. Desain Sistem SSO.
  4. Cara implementasi SSO.
  5. Permasalahan yang dihadapi dan Cara menyelesaikannya.
  6. Manfaat besar yang didapatkan.

Mari kita bahas satu per satu dari poin-poin di atas.

Apakah itu Single Sign On (SSO) ?
Adalah sebuah mekanisme akses terhadap sistem yang dilakukan oleh seorang user yang memungkinkan dengan hanya sekali login maka user tersebut bisa mengakses banyak sistem tanpa harus login lagi pada masing-masing sistem tersebut.

Latar Belakang Implementasi SSO:
Direktorat Jenderal Bea Cukai memiliki banyak sekali sistem yang digunakan untuk melakukan tugas sehari-hari dalam rangka pelayanan terhadap pengguna jasa oleh para pegawai, untuk melakukan pengawasan dan untuk melakukan administrasi serta untuk melakukan pengolahan data guna pengambilan kebijakan yang sesuai dengan perkembangan kepabeanan dan cukai.

Sistem SSO bukan pertama kali digunakan, tetapi SSO sudah ada sejak lama dipakai oleh sistem lain di luar sana dengan implementasi sesuai dengan kebutuhan di sana.

Demikian artikel tentang SSO – Single Sign On, semoga bisa bermanfaat bagi Anda para pembaca, dan jika ingin menjadikan artikel ini sebagai referensi, silahkan jangan copy paste, jangan plagiat, dan jangan merubah konten sampai menimbulkan perbedaan pengertian yang ada adalam tulisan ini. Serta cantumkan alamat artikel ini sebagai sumber.

Jika Anda tertarik untuk melihat secara langsung implementasi SSO di Bea Cukai, silahkan datang saja ke kantor Bea Cukai di manapun yang telah menggunakan Sistem CEISA, baik di kantor pusat ataupun kantor di daerah.

Ahsanfile Project 2011 – 2013.

Advertisements

2 comments on “Artikel tentang SSO – Single Sign On, Manfaatnya untuk proses bisnis !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s