ZK Tutorial – Membuat project menggunakan ZK di Netbeans IDE

Ini adalah bagian pertama aku akan share pengalamanku menggunakan ZK Framework. Kedepannya, tutorial-tutorial yang aku share berawal dan menggunakan aplikasi yang dibuat di tutorial pertama ini

ZK Framework saat ini adalah framework opensource paling mudah dan cepat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web menggunakan java. Kita tak perlu lagi mengurusi javascript, css dan html. Kita cukup membuat background aplikasi berupa bisnis proses, data dan integrasi lainnya. ZK berfokus pada user interface sehingga bisa dikombinasikan dengan framework lain seperti spring, hibernate, ejb, eclipsejpa, ibatis dan sebagainya.

Secara default, ZK sudah membuat IDE sendiri yaitu plugin di Eclipse IDE yang bernama ZK Studio. Hal ini sungguh sebuah kemudahan yang diberikan oleh ZK terhadap para penggunanya. Tetapi hal ini akan sedikit bermasalah bagi penggemar Netbeans IDE seperti saya. Untuk berpindah kelain IDE seperti eclipse merupakan hal yang berat. Dan ternyata yang sepertiku juga banyak, sampai akhirnya lahir plugin di netbeans khusus untuk ZK.

Untuk menggunakan ZK di Netbens IDE, berikut ini langkah-langkahnya :
1. Netbeans IDE sudah terinstall di komputer Anda, aku menggunakan Netbeans 6.9
2. Download plugin zk di http://sourceforge.net/projects/rem1, dalam hal ini aku menginstall zkce 5.0.2
3. Install plugin melalui menu Tools -> Plugins -> Downloaded -> Add Plugins dan lakukan sampai selesai

Setelah plugin zk terinstall di netbeans anda, sekarang saatnya membuat aplikasi menggunakan zk framework di Netbeans IDE. Caranya adalah sebagai berikut :

Web Application :
1. New Projects -> Java Web -> ZK502 Application JAVA-EE6

2. Beri Project Name = ZKTutorial kemudiann Finish

Selanjutnya struktur project yang kita buat adalah seperti gambar berikut ini :

Setelah Selesai membuat project aplikasi, kita tinggal membuat seperti tampilan, akses database, bisnis proses dan seterusnya. Untuk tutorial selanjutnya aku akan mulai dengan membuat tampilan aplikasi menggunakan borderlayout.

Advertisements

9 comments on “ZK Tutorial – Membuat project menggunakan ZK di Netbeans IDE

  1. mau tanya donk.. dikit OOT sih… ZK mesti pake tomcat ya? trus mas ahsan tolong tutorial tentang instlasi dari linux (bahasa indonesia) tentunya ya… mksh.

  2. I’ve been browsing on-line greater than three hours today, yet I never found any interesting article like yours. It’s pretty worth enough for me.
    In my opinion, if all site owners and bloggers made just right content as you did, the web might be a lot more useful than ever before.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s